Cara Mempercepat Kinerja Laptop/PC | FREE-SHAREINFO

Cara Mempercepat Kinerja Laptop/PC

Posted by

BERBAGI INFORMASI                                                                                                                                                                                                              

Kali ini saya membahas tentang bagaimana cara mempercepat kinerja suatu komputer/ laptop. Memiliki komputer yang lambat tentu sangat menguji kesabaran kita.


Tidak heran jika beberapa orang sangat kesal ketika mengerjakan tugas sokolah/ kantor dengan komputer yang sangat lelet. Banyak dari mereka yang lebih memilih mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer yang kinerjanya super lambat.

Sebenarnya, untuk mengatasi komputer/ laptop yang cenderung semakin lama semakin lelet, anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal yang akan saya jelaskan satu per satu dalam artikel ini.



Okey langsung saja, untuk mengatasi kinerja komputer/ laptop yang semakin lama semakin lambat saja, lakukan 8 hal dibawah ini untuk membantu mempercepat kinerja komputer/ laptop anda.

1. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang terlalu berat menyebabkan kinerja suatu komputer/ laptop menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.

cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop


Perhatikan pula kapasitas harddisk anda. Jika memang sudah hampir penuh (misalkan tersisa 10GB), tidak heran jika komputer/ laptop anda semakin melambat saja. Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk dan jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer/ laptop anda.

2. Uninstall program yang tidak penting

cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop

Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya membuang ruang hard disk anda. Untuk uninstall program, anda bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting.

3. Jangan lupa menginstal Antivirus


Pastikan anda sudah menginstal antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data/ file kita. Selain itu anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer/ laptop anda.

4. Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin
cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin. Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

5.  Minimalkan program yang berjalan pada Startup
cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop

Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. Saya sarankan anda untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup dengan cara tekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan. 
Agar lebih mudah, anda juga bisa menggunakan CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

6.  Gunakan Disk Cleanup
cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop

Tool ini berguna untuk menghapus file-file sementara pada setiap drive anda. Jadi anda bisa memilih drive mana saja yang ingin dibersihkan dari file-file sementara. Untuk menggunakan tool ini, silakan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.

7.  Gunakan Disk Defragmenter
cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop

Fragmentasi pada data membuat drive anda bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, anda disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Anda bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag  > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

8. Hapus gadget yang tidak penting
cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop

Gadget-gadget yang terpasang pada dekstop menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kinerja suatu komputer. Saya sarankan anda menghapus gadget yang benar-bernar tidak penting, tapi jika komputer anda memiliki spesifikasi yang tinggi mungkin memasang gadget seperti ini tidak terasa efeknya pada kinerja komputer.

Kesimpulan

Masih terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kinerja suatu komputer/ laptop. Tetapi saya rasa 8 hal yang telah saya jelaskan diatas sudah lebih dari cukup.

Description: Cara Mempercepat Kinerja Laptop/PC Rating: 3.5 Reviewer: Ferry Anas ItemReviewed: Cara Mempercepat Kinerja Laptop/PC

Blog, Updated at: Minggu, Juni 14, 2015

Translate