Cara Mudah Atasi Asam Lambung | FREE-SHAREINFO

Cara Mudah Atasi Asam Lambung

Posted by

BERBAGI INFORMASI

Penyakit asam lambung seringkali terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan buruk. Misalnya, segera berbaring setelah makan, ngemil sebelum tidur, minum alkohol atau merokok. Penyakit asam lambung juga dapat terjadi karena konsumsi beberapa jenis makanan seperti makanan berlemak atau makanan pedas.
Mereka yang menderita penyakit asam lambung biasanya akan merasakan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan terbakar di bagian perut, ulu hati hingga dada serta rasa asam pada mulut.
Selain itu, penderita asam lambung yang cukup kronis juga dapat mengalami feses berdarah, batuk kering, sakit tenggorokan hingga beran badan yang turun tanpa asalan yang jelas.
Sebenarnya, asam lambung sendiri memiliki manfaat bagi tubuh. Asam lambung berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang dibawa masuk bersama makanan, menstabilkan zat gula serta merangsang usus, hati dan pankreas untuk mencerna makanan.
Beberapa makanan yang memiliki kadar keasaman yang tinggi dapat memicu meningkatkan produksi asam lambung. Saat produksi asam lambung berlebihan inilah seseorang terkena asam lambung.
Untuk mengobati asam lambung, beberapa cara dapat dilakukan. Salah satu caranya adalah memperbaiki kebiasaan makan yang buruk. Hindarilah berbaring setelah makan atau makan makanan ringan sebelum tidur. Selain itu, hindari juga makanan yang dapat membuat produksi asam lambung naik.
Selain memperbaiki kebiasaan, ada juga beberapa cara mudah lain yang dapat dapat dilakukan untuk mengobati asam lambung. Berikut beberapa cara tersebut seperti yang dilansir everydayroots

1. Kunyah permen karet
Sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Dental Research menemukan bahwa mengunyah permen karet bebas gula setelah makan selama 30 menit dapat mengurangi produksi asam lambung. Hal ini dapat terjadi karena permen karet membantu merangsang pelepasan air liur. Air liur dapat membersihkan asam yang ada dalam perut dengan cepat.
2. Makan pisang atau apel
Cara mudah kedua untuk atasi asam lambung adalah konsumsi pisang atau apel.Cobalah untuk konsumsi satu buah pisang atau satu buah apel beberapa jam sebelum tidur. Zat dalam pisang atau apel dapat menghilangkan atau mengurangi ketidaknyamanan karena produksi asam berlebih.
3. Cobalah baking soda
Sifat basa dalam baking soda dapat menghilangkan asam. Cara mengonsumsinya, campurkan setengah sampai satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air saat asam lambung terasa tinggi. Meskipun begitu, konsumsi baking soda tidak boleh terlalu sering. Jangan gunakan baking soda setiap terasa asam lambung karena kandungan sodium bikarbonatnya dapat memberikan beberapa efek samping seperti mual.
4. Konsumsi lidah buaya
Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat, termasuk mengatasi asam lambung berlebih. Konsumsi lidah buaya berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Anda hanya perlu mengonsumsi setengah gelas lidah buaya sebelum makan.
5. Minum teh jahe
Jahe juga dapat meringankan penyakit asam urat. Cobalah untuk minum secangkir teh jahe segar sekitar 20 menit sebelum makan.
Sumber : Liputan 6

Description: Cara Mudah Atasi Asam Lambung Rating: 3.5 Reviewer: Ferry Anas ItemReviewed: Cara Mudah Atasi Asam Lambung

Blog, Updated at: Selasa, Januari 13, 2015

Translate